1800 Pabrik Rokok Tutup

Jumat, 19 Maret

Sebanyak 1800 Pabrik Rokok Tutup karena pelanggaran yang dilakukan,berikut ulasannya :


Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jendral Bea dan Cukai (BC) mengungkapkan bahwa selama periode 2007/2008 hingga saat ini sebanyak 1.500 hingga 1.800 pabrik rokok tutup karena melakukan pelanggaran bidang cukai.

"Pada tahun 2007/2008 terdapat sekitar 5.000 pabrik rokok, karena melakukan pelanggaran maka sebagian besar tutup," kata Direktur Cukai Ditjen BC Frans Rupang dalam kunjungan bersama Dirjen Bea Cukai Thomas Sugijata ke LKBN ANTARA Jakarta, Jumat.

Frans menyebutkan, saat ini jumlah pabrik rokok di Indonesia sudah kurang dari 2.300 saja sementara 1.500 hingga 1.800 tutup karena melakukan pelanggaran cukai rokok.

Ia menjelaskan, pelanggaran bidang cukai yang dilakukan misalnya dengan membayar pita cukai untuk golongan rokok rendah dengan tarif Rp70 per batang padahal seharusnya dengan tarif Rp200 per batang.

Sementara itu mengenai dampak fatwa haram rokok yang dikeluarkan oleh Muhammadiyah, Frans mengatakan, hal itu pasti akan memberikan dampak bagi penerimaan cukai khususnya dari rokok.

"Sudah ada penetapan target penerimaan cukai untuk 2010 dan 2011 namun kami khawatir ada distorsi dengan adanya keputusan itu," katanya.

Ia menyebutkan, beberapa tahun lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan fatwa haram rokok namun terbatas untuk wanita hamil dan anak-anak.

"Ini jelas ada pengaruhnya, tetapi kita tidak tahu berapa besar pengaruhnya," katanya.

Ia menyebutkan, pemerintah sementara ini menetapkan target penerimaan cukai tahun 2011 sebesar Rp60 triliun.

Penetapan target itu bukan melalui tebakan tapi melalui perhitungan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Tidak Ongkang-ongkang

Sementara itu Dirjen BC Thomas Sugijata mengatakan bahwa pencapaian target penerimaan cukai selama ini selalu ada extra effort yang dilakukan pihaknya dan tidak hanya "ongkang-ongkang" saja target itu tercapai.

"Kami tidak hanya mengandalkan penerimaan cukai dari pertumbuhan produksi rokok, kenaikan tarif, dan lainnya tetapi kami juga melakukan extra effort," katanya.

Extra effort itu antara lain melalui upaya pemberantasan pita cukai palsu.

"Penerimaan cukai meningkat Rp200 miliar per bulan sejak penangkapan percetakan pita cukai palsu beberapa waktu lalu," kata Thomas.


Blog Archive