Tips menghilangkan rasa pegel di leher

Selesai bekerja atau menonton tv dan main komputer biasanya kita merasa pegel di leher, berikut adalah tips yang mungkin bisa dicoba :

1. Stretching (peregangan). Regangkan otot leher saat Anda mulai merasakan ketegangan. Caranya dengan menggerakkan kepala ke segala arah dan tahan selama beberapa detik pada posisi tertentu. Setelah itu, gerakkan lengan dan tahan selama beberapa detik

2. Pemijatan. Pemijatan ringan pada otot leher dapat memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan mengurangi ketegangan otot leher.

3. Pengobatan. Dapat diberikan obat-obatan jenis muscle relaxan (pelemas otot) untuk mengurangi ketegangan otot. Untuk hal ini disarankan agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum dilakukan pengobatan.

4. Kompres hangat. Leher kaku yang kumat-kumatan dapat berkurang dengan dikompres handuk hangat selama 20 menit.

5. Injeksi. Apabila pengobatan dengan cara-cara diatas tidak segera mengurangi kekakuan tengkuk, dapat direkomendasikan penyuntikan kortison (anti radang) ke dalam otot.

6. Kendalikan stres. Nyeri tengkuk adalah gejala umum pada orang yang mengalami depresi. Hindari ketegangan emosi antara lain dengan cara pembagian waktu yang cermat, menentukan prioritas aktivitas, selalu berpikiran positif, dan selalu menyempatkan diri untuk melakukan relaksasi.

sumber : email dari forum

Blog Archive